You are here: Penelitian Dosen Penelitian 2007 SERTIFIKASI TENAGA KERJA

SERTIFIKASI TENAGA KERJA

E-mail Print PDF

 

Artikel ini telah dpublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional "Kebijakan dan Strategi dalam Pembangua Infrasruktur dan Pengembangan wilayah Berbasis Green Technology" Fakultas Teknik UNISSULA, ISBN 978-602-7525-08-5

SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI

SEBAGAI UNSUR PENDUKUNG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Henny Pratiwi Adi 1, Siti Ummu Adillah2

1 Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung,

Jl. Raya Kaligawe Km. 4 Semarang

email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

2 Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung

Jl. Raya Kaligawe Km. 4 Semarang

Abstrak

Tenaga kerja merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi kelangsungan dan kelancaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Hasil pekerjaan konstruksi yang berkualitas dapat diperoleh jika para pelaku bidang jasa konstruksi memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi sesuai bidang pekerjaannya. Salah satu upaya peningkatan kualitas kompetensi dan profesionalisme adalah dengan sistem quality assurance dalam bentuk sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Indonesia.

Metode penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan sertifikasi keterampilan tenaga kerja konstruksi dilakukan dengan metode performance prism berdasar pada studi literatur serta in depth interview dengan stakeholder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan stakeholders satisfaction, stakeholders contribution, serta stakeholders strategy, process and capability, maka setiap stakeholders telah memiliki strategi dan kapasitas yang baik untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja konstruksi. Namun demikian implementasi terhadap strategi ini belum dilaksanakan dengan baik dengan adanya berbagai kendala seperti kurangnya koordinasi diantara stakeholders maupun kurangnya regulasi yang mendukung implementasi strategi.

 

Kata Kunci : sertifikasi, tenaga kerja konstruksi