You are here: Penelitian Dosen

Penelitian

MASALAH PENCEMARAN LAUT

E-mail Print PDF

 

Dipublikasikan dalam Prosiding "Seminar Nasional Research sebagai Dasar Kebijakan Publik dan Implementasi di Sektor Industri" ISBN : 979-3246-17-0

 

TELAAH MASALAH PENCEMARAN LAUT DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN

DI PPI MORODEMAK*)

Hermin Poedjiastoeti**)

Abstrak

 

PPI Morodemak yang sudah dikembangkan sekitar tahun 2000 termasuk dalam kategori pelabuhan yang berada di muara sungai. Saat ini PPI Morodemak menghadapi permasalahan umum yang dialami pelabuhan perikananmaupun pusat-pusat pangkalan pendaratan ikan di Indonesia yaitu tingkat higienik yang masih sangat rendah. Disamping masalah higienik yang berkaitan dengan limbah dari kegiatan perikanan, juga tentunya air bersih yang merupakan fasilitas mendasar dan mutlak dibutuhkan untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas komoditas ikan hasil tangkapan.

Sumber pencemaran di PPI Morodemak berasal dari sedimentasi limbah cair, sampah, padatan terlarut, sulfaktan dan minyak. Sedimentasi juga berasal dari berasal dari erosi tanah permukaan di daerah pengaliran Sungai Tuntang yang melewati PPI. Akumulasi sedimen tahunan yang terbentuk cenderung semakin meningkat sehingga mengakibatkan semakin dangkalnya alur sungai dan perahu mengalami kesulitasn untuk tambat. Selain itu sedimen yang terendapkan di dasar sungai juga sangat mengganggu kehidupan organism di dalam air. Limbah cair yang ada di PPI Morodemak merupakan limbah domestic dan limbah dari aktivitas pelelangan ikan (pencucian ikan, air bekas pencucian lantai tempat pelelangan ikan dan limbah yang berasal dari aktivitas MCK di lokasi PPI). Kualitas limbah cair menunjukkan parameter TSS (padatan tersuspensi) dan BOD (kebutuhan oksigen biologi) telah melampaui baku mutu. Keadaan persampahan di lokasi PPI dan permukiman di sekitarnya belum dilakukan pengelolaan dengan sistem pengelolaan sampah yang baku. Sampah masih banyak dijumpai berserakan dan dibiarkan di halaman rumah, di pinggir sungai, dan di selokan tempat pelelangan ikan. Kualitas air laut dan air sungai di sekitar PPI Morodemak menunjukkan beberapa parameter seperti kandungan zat padat terlarut, sulfat dan minyak sudah melampaui baku mutu.

Upaya pengelolaan lingkungan di PPI Morodemak perlu segera dilakukan karena telah ada indikasi terjadinya pencemaran, melalui upaya atau kegiatan pencegahan, penanggulangan dan pemulihan pencemaran disertai dengan upaya pemantauan dan evaluasi secara berkala. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kondisi yang dapat merusak dan membahayakan ekosistem pesisir dan laut.

Keyword : pencemaran laut, pengelolaan lingkungan, pangkalan pendaratan ikan

*) Disarikan dari Laporan Pekerjaan Penanggulangan Pencemaran di PPI Morodemak,

DKP Jateng, 2004

**) Staf Pengajar Fakultas Teknik UNISSULA Jurusan Teknik Lingkungan

Last Updated on Friday, 22 March 2013 22:09

Page 2 of 3