You are here: Tentang Kami Prestasi Fakultas

Prestasi Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Dari Masa ke Masa

Kiprah Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) di dunia pendidikan tanpa terasa sudah 46 tahun, tepatnya tanggal 28 Februari 1964 Fakultas Teknik Unissula didirikan. Fakultas ini merupakan salah satu Fakultas yang pertama dibuka pada saat Unissula pertama kali didirikan.

Pada perkembangannya jurusan pertama adalah Teknik Sipil. Pada tahun 1998 berdiri jurusan baru yaitu jurusan Perencanaan Wilayah Kota/ Planologi, dua tahun kemudian tepatnya tahun 2000 berdiri jurusan Teknik Lingkungan. Sampai awal tahun 2002, Fakultas Teknik Unissula telah berkembang dan memiliki Program Pasca Sarjana/ Magister Teknik Sipil dengan konsentrasi pada Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK), Manajemen Rekayasa Sumberdaya Air (MRSA).

Fakultas Teknik yang merupakan salah satu pelopor Fakultas Teknik Swasta di Jawa Tengah memiliki tujuan utama yaitu terwujudnya rekonstruksi dan pengembangan ilmu dasar, ilmu teknik dan penerapannya atas dasar Islam secara terus menerus dan berkelanjutan untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan manusia. Menghasilkan cendekiawan, pakar dan pendidik muslim dalam bidang ilmu dasar, ilmu teknik dan penerapannya, yang mampu bersaing pada era kompetisi global, berakhlak mulia, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin Ilmu, serta karya-karyanya senantiasa dilandasi oleh pemikiran Islam, serta siap melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan umat dan dakwah.

Seiring dengan berjalannya waktu tersebut, maka Fakultas Teknik Unissula terus melakukan pembenahan disana sini dalam rangka mengikuti kebutuhan pasar, termasuk di dalamnya mempersiapkan diri dalam mendukung World Class Islamic Cyber University (WCICU). Keseriusan dosen dan seluruh civitas akademika yang ada di Fakultas Teknik dalam mendukung WCICU adalah sebagai modal dasar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, hal ini seiring dan sejalan dengan motto Unissula Bismillah membangun generasi Khaira Ummah.

Upaya Menuju World Class Islamic Cyber University

Bukti keseriusan Fakultas Teknik Unissula menuju WCICU telah dirintis jauh-jauh hari sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari banyaknya program hibah kompetisi (PHK) yang dikelola oleh Fakultas Teknik dengan total dana 3 Miliyar, seperti : Semi QUE IV , Hibah A1 Batch II,Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Inherent K3 tahun 2006, PHK-K1 2007, dan PHK-K1 2008. Out come dari kegiatan ini dapat dirasakan sendiri oleh Fakultas Teknik khususnya dan Unissula pada umumnya. Diantara dampak yang dirasakan adalah : terakreditasinya Jurusan Sipil dan Planologi, peningkatan mutu pendidikan Unissula, TIK Unissula terhubung dengan jaringan Inherent, penambahan konten bahan ajar mutimedia, serta penambahan buku ajar ber-ISBN.

Bukti lain juga telah dilakukan dosen-dosen Fakultas Teknik Unissula berupa penelitian-penelitian. Tiga tahun terakhir ini mendapatkan dana penelitian dari DIKTI dan Kopertis Wilayah VI sebanyak 17 judul dengan total dana sebesar 755 juta lebih. Dampak yang dapat diterima adalah berkembangnya ilmu yang dapat dirasakan oleh mahasiswa, dan yang terpenting dari hasil kegiatan ini adalah terdaftarnya produk inovasi dosen Fakultas Teknik menjadi Hak Paten, serta prestasi yang tidak kalah pentingnya bagi Fakultas Teknik adalah terpilihnya Prof. Dr. Ir. S. Imam Wahyudi, DEA sebagai dosen berprestasi Tingkat Nasional tahun 2008.

Civitas akademika lainnya ternyata tidak mau ketinggalan. Data tiga tahun terakhir mahasiswa Fakultas Teknik Unissula mengukir tinta emas dengan prestasi gemilang. Tercatat sebanyak 4 even skala nasional, 4 tingkat provinsi, 3 tingkat wilayah, dan 2 tingkat Jateng diraih mahasiswa Fakultas Teknik. Diantara prestasi tersebut adalah Juara 3 LKTM Bidang IPA, Juara Harapan 3 LKTM Bidang I, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi, Juara 3 LKTIP Bid. Material, energi & teknologi,Juara 2 LKTM Tingkat Universitas. Pada tahun 2007 Mahasiswa Teknik Unissula Ari Sentani sebagai Mahasiswa berprestasi (Wamapres) tingkat Nasional. Sejarah emas telah terukir bagi Fakultas Teknik Unissula, yaitu satu-satunya Fakultas Teknik di Indonesia yang melahirkan Dosen dan Mahasiswa berprestasi tingkat nasional.

Perangkat yang Mendukung Menuju WCICU

Fakultas Teknik mempersiapkan perangkat fisik dan non fisik untuk mendukung terwujudnya WCICU, diantaranya melakukan studi lanjut bagi dosen ke jenjang yang paling tinggi. Tenaga pengajar tetap yang mengabdi di Fakultas Teknik adalah pengajar yang profesional dan ahli di bidangnya, secara keseluruhan berjumlah 37 orang. Berdasarkan jenjang kepangkatan dan pendidikannya, komposisi tenaga pengajar di Fakultas Teknik Unissula saat ini adalah 2 orang Guru Besar/Profesor (5,4 %), 9 orang Doktor/S3 (24,3%), 12 orang kandidat Doktor/S3 (32,4 %), dan 14 orang Magister/S2 (37,9%). Di Kalangan PTS, jurusan Teknik Sipil adalah satu-satunya jurusan yang memiliki guru besar (profesor) terbanyak di Semarang.

Dengan dukungan dari fasilitas kampus seperti Laboratorium Komputer, Mekanika Tanah, Bahan Bangunan, Ilmu Ukur Tanah, Fisika/Mekanika, Kimia, Hidrolika, Struktur, Jalan Raya, Studio Audio Visual, Studio gambar, Studio Rumah Produksi, dan bahasa Inggris, menjadikan mahasiswa dan dosen lebih mudah melakukan penelitian-penelitian.